Senin, 31 Oktober 2016

RENCANA PEMBELAJARAN MENGINTEGRASIKAN TIK



MATA PELAJARAN YANG MENGINTEGRASIIKAN TIK
Topik : IPA ( Perubahan Benda  yaitu pelapukan,perkaratan dan  pembusukkan)
Tujuan:
1.      Setelah mengetahui topic siswa mampu memahami topik mengenai perubahan benda  dengan menggunakan aplikasi untuk mencari materi melalui internet (google chrome atau mozila firefox)
2.       Setelah mendapatkan materi dari internet siswa mampu memahami peristiwa mengenai perubahan benda kemudian siswa mampu merangkum materi melalui ms power point 
3.      Setelah merangkum materi  melalui ms power point siswa mampu menjelaskan perubahan benda yang ditampilkan hasil  melalui LCD atau mencetak contoh gambar perubahan benda.
4.  Setelah menyimak presentasi masing- masing kelompok siswa ampu menyelesaikan soal mengenai perubahan benda melalui tes online yang terdapat di power point. 


Kegiatan Inti :
  1. Siswa diberi kesempatan untuk mengetahui topic materi yang akan di bahas yaitu perubahan benda  
  2. Siswa dibentuk menjadi 4 kelompok dengan masing masing kelompok terdiri dari 5 siswa.
  3. Setiap siswa mempunyai tugas masing masing, 4 orang mencari materi ( orang pertama  mencari materi pelapukan, orang kedua mencari materi perkaratan, orang ketiga mencari materi pembusukan dan orang keempat mencari contoh gambar pelapukan,perkaratan dan pembusukkan )melalui internet sedangkan  orang kelima merangkum materi melalui ms. power point. 
  4. Siswa mewakilkan salah satu anggota kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi melalui LCD.
  5. Siswa menanggapi hasil diskusi.
  6.  Siswa mengerjakan soal-soal online melalui power point yang sudah disiapkan oleh guru sesuai materi perubahan benda.
  7. Siswa mencocokkan jawabannya sendiri dengan cara mengeklik opsi jawaban. Jika jawaban salah maka akan muncul orang menangis tetapi jika jawabnnya benar akan muncul bintang
  8. Siswa melaporkan jumlah jawaban benar kepada guru untuk dinilai.
  9. Siswa mencetak hasil gambar perubahan benda yang telah dicari bersama kelompoknya melalui internet dan kemudian ditempelkan di buku masing-masing dilengkapi keterangan dibawahnya.   

JMakna  Kegiatan :
  •      Melalui kegiatan belajar yang mengintegrasikan TIK dalam setiap pembelajaran akan mampu membuat siswa lebih berfikir kritis dalam menanggapi suatu topik  yang diberikan. Melalui topik yang diberikan dan di  cari materinya lewat internet dapat menjadikan siswa mampu memanfaatkan aplikasi internet. Selain itu siswa mampu berkerja sama dengan pembentukkan kelompok diskusi dengan pembagian tugas masing-masing siswa. Melalui powerpoint siswa akan mampu mengembangkan ide dan kreativitas yang dimilikinya dalam mendesain berbagai slide dengan animasi yang beranekaragam sehingga siswa akan lebih bebas dalam berkarya.Siswa juga mampu memecahkan masalah melalui siswa mengerjakan soal. Melalui tayangan LCD siswa akan lebih mudah menangkap informasi yang disampaikan karena siswa dapat melihat materi yang disampaikan dalam bentuk konkret dan siswa bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dalam pembelajaran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar